Kunjungan Praktikum Program Studi S-1 Peternakan di Taman Ternak Balekambang

Apakah cukup jika kuliah di jurusan peternakan hanya belajar teori di buku ajar saja? Ataukah dengan menonton video secara online juga sudah cukup? Atau justru tetap harus terjun langsung ke peternakan dan berkotor-kotor dengan berbagai macam hewan ternak? Agaknya, semua sepakat bahwa bagaimanapun, kita harus tetap terjun untuk berinteraksi langsung dengan peternak dan hewan ternaknya, supaya benar-benar mengetahui aplikasi ilmu peternakan yang kita pelajari dalam dunia peternakan secara nyata.

Itulah maksud dilaksanakannya Kunjungan 40 orang mahasiswa Program Studi S-1 Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret (UNS) selama dua hari berturut-turut pada hari Senin – Selasa, tanggal 11 – 12 November 2019 di Taman Ternak Balekambang. Kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka Praktikum Mata Kuliah Produksi Aneka Ternak Unggas dan diampu oleh Ari Kusuma Wati, S.Pt, M.Sc, dengan tujuan untuk memperdalam pengetahuan tentang budidaya ternak kalkun. Kunjungan dilaksanakan pada ternak kalkun di Taman Ternak Balekambang karena kalkun merupakan salah satu aneka ternak yang dianggap cukup potensial, namun pembudidaya kalkun masih cukup jarang. Sementara itu, Taman Ternak Balekambang sebagai salah satu pembudidaya kalkun, dianggap memiliki fasilitas yang sudah cukup lengkap. Oleh karena itu, diharapkan mahasiswa bisa menyerap ilmu dan pengetahuan praktis dalam budidaya kalkun.

Rombongan yang dipimpin langsung oleh dosen pengampu tersebut diterima oleh koordinator Taman Ternak Balekambang, Binta Rahmi, S.Pt, M.Si didampingi oleh dokter hewan setempat drh. Sri Panindya, dan petugas budidaya kalkun Prihatin. Setelah dibuka secara resmi, kunjungan dilanjutkan dengan pengenalan tata cara budidaya ternak kalkun, manajemen pemeliharaan dan kesehatan ternak kalkun, serta budidaya ternak kalkun di Taman Ternak Balekambang melalui presentasi. Kemudian, para peserta diajak mengunjungi fasilitas biosekuriti, kandang ternak, dan ternak kalkun yang berada di kompleks kandang tepat di belakang kantor. Kunjungan diakhiri dengan foto bersama dan tukar-menukar kenang-kenangan antara Fakultas Pertanian UNS dan Taman Ternak Balekambang.

Tentu saja, kunjungan semacam ini bukan dikhususkan untuk para mahasiswa saja. Balai Budidaya dan Pembibitan Ternak Terpadu dan Taman Ternak yang bernaung di bawahnya senantiasa membuka pintu bagi peternak, petani, mahasiswa, pelajar, maupun siapa saja yang berminat untuk saling belajar dalam bidang pembibitan dan budidaya ternak. Silakan kontak kami untuk menyiapkan kunjungan berikutnya. Sampai jumpa di sini!

— (c) BBPTT 2019 —

Admin 1

Kepala Balai Budidaya dan Pembibitan Ternak Terpadu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *